BERITA

Berbagi Kasih Bersama Penyandang Disabilitas Panti Asuhan Bhakti Luhur Ende

 

Last updated Jan 6, 2018

 

RADARNTT, Ende – Masih dalam suasana natal dan tahun baru, istri Viktor Bungtilu Laiskodat menyempatkan diri berkunjung dan berbagi kasih dengan Anak Panti Asuhan Bhakti Luhur Cabang Ende, di Bruderan Alma Ende-Flores Jumat, (5/1/2018).

Kali ini istri Calon Gubernur NTT dari Partai NasDem datang sendirian tanpa anak-anaknya yang biasa setia menemani dalam urusan sosial seperti ini pada beberapa waktu lalu di sejumlah panti asuhan.

Dalam kunjungan ini, istri Viktor Laiskodat memberi bantuan sejumlah dana untuk biaya operasional panti asuhan. Saat menyerahkan bantuan sembari mengatakan mari jangan melihat besarnya bantuan, tapi semua ini sebagai tanda kasih bagi sesama.

“Dalam waktu dekat kita segera menyalurkan bantuan alat permainan bagi anak panti, permainan yang punya nilai edukatif untuk merangsang motorik anak-anak”, kata Julie Laiskodat.

Dia juga berpesan kepada pengelola panti asuhan, jika dalam perjalanan ada hal yang dibutuhkan dan perlu dukungan bisa dikomunikasikan kepadanya agar bisa dicari jalan keluar bersama.

Ada hal yang spesial dalam kunjungan ini, karena di sini semua penghuni panti adalah anak panyandang disabilitas atau penyandang cacat bawaan sejak lahir.

Istri Ketua Fraksi Partai NasDem DPRRI Viktor Laiskodat menunjukkan perhatian yang serius kepada para penyandang disabilitas, “mereka harus kita beri perhatian yang khusus karena mereka punya kebutuhan khusus, semua pihak termasuk pemerintah harus menyediakan fasilitas yang bisa diakses oleh saudara-saudara kita yang berkebutuhan khusus”, ujarnya.

Menurutnya, pentingnya membangun fasilitas umum yang inklusif baik di sekolah, rumah sakit, jalan umum dan lain-lain sehingga bisa diakses para penyandang disabilitas. “Tidak boleh membeda-bedakan antara yang normal dan yang disabilitas, karena kita semua sebagai manusia yang punya hak yang sama”, pungkasnya.

Aktivis perempuan dan pemerhati kebudayaan NTT ini, Nyonya Julie S. Laiskodat juga ditemani pengurus DPW Partai NasDem NTT, Alex Ofong dan Indah Tode Solo bersama Ketua DPD Partai NasDem Ende Erick Rede dan sejumlah jajaran pengurus lainnya.

Menurut pengelola panti, Bruder Agustinus Bouk, ALMA bahwa para penghuni panti Bhakti Luhur Cabang Ende adalah anak-anak dan remaja penyandang disabilitas.

Semua anak panti aktif bersekolah di sekolah luar biasa (SLB). Namun, lanjut Bruder Agus, fasilitas di SLB belum cukup memadai dan tenaga pengajar belum memenuhi standar, karena kebanyakan para guru bukan lulusan PTLB, hampir sebagian sarjana umum.

“Banyak sekolah umum yang belum menerima anak penyandang disabilitas untuk bersekolah di sekolah umum, masih ada pembedaan antara anak normal dan penyandang disabilitas”, tutur Bruder Agus.

Dia juga berpesan agar pemerintah harus betul-betul memperhatikan para penyandang disabilitas, agar hidup mereka lebih layak di masyarakat, dengan menyiapkan sarana prasarana bagi penyandang disabilitas, seperti menyiapkan balai latihan khusus untuk para penyandang disabilitas.

“Kami pengurus panti sangat senang dan bangga, karena panti kami bisa dikunjungi oleh ibu Julia, kunjungan ibu Julia ke panti kami ini mendorong dan memotivasi kami sebagai pengurus panti untuk tetap bersemangat, ulet, dan telaten dalam bekerja”, pungkasnya. (Yolf/RN)

 

sumber berita:
https://radarntt.co/news/2018/berbagi-kasih-bersama-penyandang-disabilitas-panti-asuhan-bhakti-luhur-ende/

Punya Account Facebook?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *