BERITA

Bupati Sikka, Beri Perhatian kepada Penyandang Disabilitas

5 Desember 2017

 

FLORESPOST.co, Maumere – Bupati Sikka, Yoseph Ansar Rera menghadiri misa hari Disabilitas Internasional di Kapela SLB Bhakti Luhur/Susteran Alma Maumere Kelurahan Kotauneng Kecamatan Alok Kabupaten Sikka Minggu (03/12/2017).

Kegiatan hari Disabilitas Internasional diawali dengan misa yang dipimpin langsung oleh Pastor Paroki Misir RD. Rudi Parera. Pr.

Usai acara misa Bupati Sikka dan Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Irma Tibuludji meninjau hasil karya anak-anak disabilitas dan menyaksikan pentas seni yang berlangsung di aula SLB Bhakti Luhur.

Ansar di hadapan anak disabilitas dan orang tua mereka mengatakan perayaan hari Disabilitas Internasional menjadi momen refleksi terkait perhatian dan keberpihakan terhadap penyandang disabilitas. Menurutnya, penyandang disabilitas tak boleh dianggap remeh oleh sesamanya yang lain karena mereka pun mempunyai martabat yang sama di mata Tuhan.

“Secara fisik kita lihat memang mereka mempunyai kekurangan […] sebagai warga sesama bangsa, kita harus memberikan perhatian yang sama terhadap mereka-mereka ini terutama terhadap kebutuhan dasarnya dari segi hak asasi manusia,” ungkap Ansar.

Terkait perhatian dari pemerintah, pemerintah Kabupaten Sikka memberikan bantuan dalam bentuk dana hibah.

“Memang kalau dana hibah tidak bisa setiap tahun tapi diupayakan untuk selang-seling, misalnya tahun ini dapat, tahun depan tidak dan tahun depannya pasti dapat dan juga kita siapkan dana lain dari OPD terkait seperti Dinas Sosial,” ujarnya.

Ansar juga memberikan apresiasi kepada SLB Bhakti Luhur yang telah membina dan melatih penyadang disabilitas sehingga mereka dapat menunjukkan kemampuannya.

“Ini adalah suatu hal yang membanggakan kita dan mereka yang kekurangan memiliki keterampilan-keterampilan yang luar biasa. Bayangkan saja barang-barang yang dianggap sudah tidak bermanfaat mereka kumpulkan dan meramunya sehingga jadi bermanfaat. Kita lihat saja barang-barang pameran yang dipamerkan berasal dari barang-barang bekas hasil kreasi anak-anak penyandang disabilitas,” ujar Ansar.

Ketua Panitia Hari Disibilitas Internasional Tingkat Kabupaten Sikka dr. Clara Francis mengungkapkan beberapa tujuan perayaan ini antara lain untuk mempererat hubungan antara anak disabilitas dan memupuk semangat anak disabilitas untuk belajar dengan tekun.

Selain itu, kegiatan juga diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas anak disabilitas serta membuka mata masyarakat Sikka untuk menerima anak disabilitas sebagaimana orang normal lainnya. (Dion/Florespost.co)

 

sumber berita:
https://www.florespost.co/2017/12/05/bupati-sikka-beri-perhatian-kepada-penyandang-disabilitas/

Punya Account Facebook?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *