BERITA

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Gelar Aneka Kegiatan

Diposting oleh : Yulius Seran Klau – 23 Mei 2014
Kupang,Likurai—Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT akan menggelar aneka kegiatan  yang dirangkai dalam kegiatan ‘Gebyar’ dan lomba bagi anak-anak berkebutuhan khusus  (anak-anak cacat)  tingkat Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Menengah Pertama  Luar Biasa (SMPLB) dan  Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB).
Aneka kegiatan yang digelar untuk anak-anak berkebutuhan kusus tersebut akan dilaksanakan di Kota Kupang yang akan diikuti oleh peserta dari 18 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi NTT.
Kegiatan ini selain  diikuti oleh anak-anak berkebutuhan khusus, kegiatan ini juga akan melibatkan para kepala sekolah luar biasa  yang berdedikasi dan berprestasi. Namun, belum ada kepala sekolah luar biasa yang mendaftarkan diri untuk mengikuti kegiatan tersebut.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT Drs. Sinun Petrus Manuk yang didampingi Kepala Bidang PAUDNI dan PKPLK Dinas pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Benediktus Wahon,S.Sos, MM mengatakan, jumlah peserta yang didelegasikan dari SDLB-SMALB  untuk mengikuti kegiatan ini sebanyak 300 siswa-siswi dari berbagai macam ketunaan.
“Mulai hari Jumat semua siswa-siswi yang sekolah di Sekolah Luar biasa akan datang dar Kabupaten untuk mengikuti kegiatan ini. kegiatan rencananya di buka oleh Bapak gubernur NTT Drs. Frans Lebu Raya di Aula Komodo, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT. Aula Komodo sudah kami “dandani” dengan baik sehingga layak untuk dilakukan pembukaan. Kegiatan ini setiap tahun biasa di buka oleh Bapak Gubernur NTT ,”ungkap Piter Manuk.
Mantan Kepala Dinas Sosial Provinsi NTT ini menjelaskan, kegiatan akan berlangsung selama lima hari kedepan. dana yang digunakan untuk membiayayai kegiatan ini sebesar Rp. 1 Miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi NTT.
Mantan Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Kota Kupang ini mengatakan, sebagai kepala dinas dirinya telah menggingatkan ketua pantia kegiatan beserta seluruh anggota panitia agar betul-betul menyelenggakan kegiatan dengan baik. “Saya telah mengingatkan ketua panitia bersama jajarannya untuk serius menyelenggarakan kegiatan ini. hal ini dilakukan agar peserta lomba tidak saja datang mengikuti kegiatan tetapi betul-betul bersaing dengan perserta lainnya untuk meraih prestasi.  Karena berbicara tentang lomba berarti berbicara soal mutu juga  berbicara soal prestasi untuk meraih juara. Dan yang juara akan mewakili NTT ditingkat Nasional di Jakarta,”tegas Piter Manuk.
Ia mengatakan, perlombaan yang diselenggarakan di Kupang merupakan perlombaan yang berjenjang karena tahapan seleksinya dimulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, tingkat Provinsi dan yang juara di tingkat Provinsi akan mewakili Provinsi NTT ke Jakarta.
“Lomba ini dilakukan secara berjenjang tiap tahun. Tetapi di NTT karena keterbatasan anggaran sehingga ada perlombaan tertentu yang pesertanya tidak ikut. Tetapi untuk tahun 2015 mendatang, Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi NTT mengajukan anggaran untuk semua mata lomba. Karena berbagai kegiatan yang dilakukan tingkat pusat tentu pemerintah pusat akan mencacat partisipasi di dari provinsi terhadap kegiatan yang berskala nasional. Untuk itu saya tegaskan bahwa bagi peserta yang mengikuti lomba ditingkat Nasional pulang harus bawa juara, pasalnya  para peserta dikirim untuk mengikuti lomba,”katanya.
Ditempat yang sama kepala Bidang PAUDNI dan PKPLK  Dinas P dan K Provinsi NTT, Benediktus Wahon, S.Sos, MM menguraikan, jenis perlombaan yang akan diikuti oleh anak-anak berkebutuhan khusus di Kupang sebagai berikut, Lomba menyanyi solo SDLB Tunanetra (A), Tuna Grahita (C) Tunadaksa (D) dan Autis yang akan diikuti oleh perserta dari Kabupaten Roten Nado, Kabupaten Sikka, Kabupeten Flotim, Provinsi, Kabupaten Sumba Tengah, Kota Kupang, Kabupaten Manggarai dan Kabupaten Alor.
Lomba menyanyi solo SMPLB tuna Netra A, tuna grahita C, Tuna Daksa D dan Autis akan diikuti oleh peserta dari Kabupaten Flotim, Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Sikka, Kota Kupang dan Provinsi. Sementara, lomba menyanyi solo tunggal  putra atau putrid tikat SMKh/SMALB Tuna Netra A dan Tuna Daksa ringan D, yang akan diikuti oleh peserta dari Kabupaten TTS, Sumba Barat, Provinsi, Kota Kupang, TTU, Kabupaten Alor.
Beni Wahon menambahkan, lomba Cipta dan baca SDLB tuna netra A, tuna grahita C, tuna daksa D dan Autis akan diikuti oleh peserta dari Kabupaten Lembata, Provinsi, Kota Kupang, TTU dan kabupaten Manggarai. Sementara lombacipta dan baca puisi SMPLB tuna netra A, tunagrahita C, tunadksa D dan uatis yang ikuti oleh peserta dari kabupaten Sikka, Kabupaten Sumbat Timur, Provinsi, Kabupaten Lembata, Kota Kupang, Kabupaten Alor.
Ia menambahkan, lomba Pantomin Putra atau purtri SMKh/ SMALB yang akan diikuti oleh peserta dari kabupaten TTS, Sumba Barat, Provinsi, Kota Kupang, Manggarai. Lomba melukis SDLB yang akan diikuti oleh peserta dari kabupaten Sikka, Sumba Timur, Provinsi, Lembata, Kota Kupang, Manggarai dan Alor. Lomba melukis SMPLB yang akan diikuti oleh peserta dari kabupaten Sikka, Sumba Barat, TTS, Sumba Timur, Provinsi, Lembata, Kota Kupang dan kabupaten manggarai.
Lomba melukis putra/putrid SMKh/SMA LB yang diikuti oleh peserta dari kabupaten TTS, Provinsi, Manggarai. Lomba Musabaqah Tilawah AL-Quran  yang akan diikuti oleh peserta dari Kota Kupang. lomba memainkan alat music SMP LB akan diikuti oleh peserta dari Kabupaten Kupang. Lomba desain grafis putra/putrid SMKh/SMA LB yang akan diikuti oleh peserta Kabupaten TTS, Provinsi, Kota Kupang, Alor, Rote Ndao.
Lomba merias wajah dan kuku SMKh/SMA LB akan diikuti oleh peserta dari Kabupaten Rote Ndao, TTS, Provinsi, Kota Kupang, kabupaten Manggarai. Lomba menari putra atau putrid SMKh/SMA LB akan diikuti oleh pserta dari kabupaten Sikka, TTS, Sumba Barat, Sumba Timur, Provinsi dan Kota Kupang. lari 80 meter putra SD LB akan diikuti oleh peserta dari Kabupaten Ronda, Sikka, Belu, Flotim, TTS, Sumba Timur, Provinsi Kabupaten Lemabata, kabupaten Sumba tengah, Kota Kupang, kabupaten TTU, Manggarai, Alor.
Lomba Lari 100 meter putra SMP LB akan diikuti oleh peserta dari kabupaten Rote Ndao, Sikka, TTS, Sumba Timur, Provinsi, lembata, Kota Kupang, TTU. Lomba lari 100 meter putra SMP LB akan diikuti oleh peserta dari kabupaten Sikka, Belu, Flotim, Sumba barat, TTS, Sumba Timur, Provinsi, Lembata, Kota Kupang, TTU, Alor. Lomba lari 100 meter putra SMKh/SMA LB akan diikuti oleh peserta dari kabupaten Belu, TTS, Sumba Barat, Sumba Timur, Provinsi Sikka, Kota Kupang, TTU, Alor. Loma lari 100 meter putrid SMKh/SMA LB akan diikuti oleh peserta dari Kabupaten TTS, Sumba Timur, Provinsi, Kota Kupang, TTU.
Lomba balap kursi roda 100 meter SMP LB akan diikuti oleh peserta dari Kabupaten TTS. Lomba lompat jauh putri SMP LB untuk kategori tuna runggu akan diikuti oleh peserta dari Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Sikka, Belu, TTS, Provinsi, Lembata, Kota Kupang, Manggarai, Alor. Lomba lompat jauh putra SMKh/SMA LB kategori tuna runggu akan diikuti oleh peserta dari Kabupaten TTS, Provinsi, Kota Kupang. lomba bulu tangkis putra SDLB untuk tuna runggu akan diikuti oleh peserta dari Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Belu, kabupaten TTS, Sumba Timur, Kabupaten lembata, Provinsi, kabupaten Sumba tengah, Kota Kupang, Kabupaten Manggarai. Lomba bulu tangkis putra SMKh/SMA LB untuk tuna rungu akan diikuti oleh peserta dari Kabupaten TTS, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi, Kota Kupang, kabupaten Ngada.
Lomba Catur Putra atau Putri SD LB/SMP LB untuk tuna netra total akan diikuti oleh peserta dari Kabupaten TTS, Provinsi, Kota Kupang, Manggarai, Alor, Provinsi. Lomba catur SMKh/SMA LB untuk tuna netra akan diikuti oleh peserta dari Provinsi.
Lomba Bocce perorangan putra SMP LB untuk tuna netra sedang –berat akan diikuti oleh peserta dari Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Flotim, Kabupaten Sumba Timur, Kota Kupang, Provinsi. Lomba tenis meja putrid SMKh.SMA LB untuk tuna grahita ringan akan diikuti oleh peserta dari kabupaten TTS, Sumbna Timur, Provinsi dan Kota Kupang.
Lomba olimpiade Metematika SDLB/ SD Inklusif tuna runggu, tuna daksa dan autis yang akan diikuti oleh peserta dari Kabupaten TTS, Sumba Timur, Provinsi, kabupaten TTU, Kabupaten Manggarai. Loma Olimpiade IPA SDLB/SD Inklusif tuna runggu, tuna daksa dan autis akan diikuti oleh peserta dari Kabupaten TTU, Kabupaten Manggai dan kabupaten TTU. Lomba olimpiade matematika SMO LB tuna runggu, tuna daksa dan autais yang akan diikuti oleh peserta dari kabupaten sumba Timur, Provinsi, Kabupaten Sumba tengah, kota Kupang, Kabupaten TTU dan kabupaten Manggai.
Lomba olimpiade IPA SMP LB tuna runggu, tuna dksa dan autis akan diikuti oleh peserta dari kabupaten Sumba Timur, provinsi,Kabupaten TTU dan Kabupaten Manggarai. Lomba cerdas cermat MIPA SDLB/SD inklusif tuna netra akan diikuti oleh peserta dari Provinsi, Kabupaten Sumba tngah, kabupaten Manggarai.
Lomba cerdas cermat MIPA SMP LB Tuna netra akan diikuti oleh peserta dari Kabupaten Sumba Barat, TTS, Provinsi, Kota Kupang dan kabupaten Alor. Lomba kewirausahaan SMP LB/SMP Inklusif tuna  runggu, tuna daksa dan autis akan diikuti oleh peserta dari kabupaten Sumba Timur, kabupaten lembata, provinsi, Kota Kupang dan kabupaten Manggarai.
Lomba IT (computer) SMP LB/SMP Inklusif tuna runggu, tuna daksa dan autis akan diikuti oleh peserta gari kabupaten TTS Provinsi Kabupaten Manggarai, Kabupaten Alor. Lomba olimpiade Sains Matematika SMKh/SMA LB/SMA Inklusif untuk tuna netra akan diikuti oleh peserta dari Kabupaten TTS, Provinsi dan kabupaten Manggarai dan kabupaten Alor.
Lomba olimpiade sains IPA SMKh/SMA LB/SMA Inklusif untuk tunarunggu akan diikuti oleh peserta dari Kabupaten TTS, Provinsi dan kabupaten Manggarai. Lomba Karya Ilmiah SMKh/SMA LB/SMA Inklusif tunadaksa akan diikuti oleh peserta dari Kabupaten Sikka, TTS, provinsi dan Kota Kupang.
Gebyar PK PLK akan diikuti oleh, SLBN Loba lain, SLBN Beru, SLBC Bhakti Luhur, SLBN Tenubot, SLBN Weri, SLBN ABDE Waikabubak, SLBN C Waikabubak, SLBN Nunumeu Soe, SMALBN Nunumeu Soe, SLBN Katanang, SLBN Pembina Kupang, SLBN Lewolwba, SLBN Kota Kupang dan SLB Asuhan Kasih, SLBN Katanang, SLBN Weri, SLBNnde, SLB Bajawa, SLBN Tenda Ruteng, SLB/ A Karya Murni Ruteng, SLB/B karya murni Ruteng, SLBN Benpasi.
Lomba guru PLB Berprestasi/ Berdedikasi Dikdas akan diikuti oleh peserta dari Provinsi, Kota Kupang dan kabupaten Manggara. Lomba guru PLB Kreatifitas  Pembelajaran Dikmen akan diikuti oleh Kabupaten Manggai dan Provinsi. Sementara loma kepala sekolah berprestasi atau berdedikasi dikdas tidak ada yang mendaftar. Begitu pula dengan loma kepala  sekolah  PLB berprestasi atau berdedikasi dikmen. (yulius seran)
sumber berita:

Punya Account Facebook?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *