BERITA

Belarasa, Wujud Nyata Gereja yang Hidup

Oleh: L. Widijati Pagarintan (Lingk. 13)
“Belarasa”. Demikian tema Aksi Puasa Pembangunan (APP) Keuskupan Bandung pada tahun 2013 ini. Melalui tema tersebut, kita diajak untuk lebih berbagi rasa dalam karya nyata pada sesame kita. Maka pada Minggu, 17 Maret lalu, tepat pk. 09.30, beberapa umat Lingkungan 13 St. Benedictus, berkumpul di kediaman Ibu Susyana di Jl. Setraria. Tujuan mereka kali ini adalah mewujudkan tema APP tersebut dalam bentuk kunjungan ke Panti Asuhan Sr. Alma. Sekitar pukul 10.30, rombongan kami yang terdiri atas 25 orang ini tiba di lokasi. Panti Asuhan yang terletak di Komplek Taman Kopo Indah ini menampung 19 anak, dimana 75% menderita keterbetasan fisik maupun mental seperti down syndrome, epilepsy, tuna grahita, autis dan celebral palsy.
Rumah panti pun seketika dipenuhi banyak orang ditambah berdus-dus bingkisan dengan berbagai macam keperluan panti yang merupakan sumbangan dari umat. Selain uang tunai umat Lingkungan 13 ini pun turut berbagi kasih dengan menyumbang pakaian anak, boneka, perlengkapan mandi, mainan, berbagai macam makanan, bahkan ada umat yang dengan sengaja membuat papan berisi nama-nama penghuni panti.
Keceriaan terlihat di wajah mereka ketika goodie bag dan bingkisan yang telah ditulisi nama masing-masing tersebut dibagikan. Bahkan Shireen, salah seorang anak panti, berkali-kali tampil bernyanyi menghibur kami.
Tak terasa telah tiba saat makan siang, setelah diawali dengan doa bersama, anak-anak mulai menyantap makan siang yang dibawakan oleh umat. Para Ibu-ibu pun dengan sigap membantu beberapa anak yang tidak mampu makan sendiri. Dengan telaten mereka menyuapi anak-anak tersebut. Ah, sungguh luar biasa antusias umat untuk berbagi dan melayani.
Akhirnya waktu kunjungan pun usai, karena saatnya anak-anak harus beristirahat. Kami pun berpamitan pulang.
Ayah, kenapa kau meninggalkanku?
Ibu, mengapa kau berpaling dariku?
Tidakkah kau tahu, semua ini bukan mauku…
Hanya beban yang kutimpakan
Hanya duka yang kusebarkan
Tatapan hampa kupancarkan
Hanya bisik hati yang tak terucap,
Tuhan, aku lelah…
(zlwp)
sumber:

Punya Account Facebook?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *