BERITA

BHAKTI LUHUR BERIKAN PELATIHAN GURU MENGIDENTIFIKASI SISWA YANG INKLUSI

ANDALUS FM – Sebagai bagian dari perubahan konsep terapi dari terapi di asrama/panti mennjadi terapi bersama oleh masyarakat, beberapa trainer dari Yayasan Bhakti Luhur memberikan training kepada guru-guru kota Malang agar mampu mendeteksi siswa yang inklusi (memiliki kebutuhan khusus) sejak awal para siswa masuk sekolah.

pelatihan-guru-malang

“Kota Malangini sudah dikukuhkan sebagai kota pelopor pendidikan inklusi (siswa berkebutuhan khusus) pada tahun 2012 lalu, namun sampai saat ini kota Malang belum mempunyai data pasti berapa jumlah siswa difabel, sehingga diperlukan partisipasi guru untuk mengidentifikasi siswa yang punya disabilitas,” ujar Yuliani Eni, trainer dari Yayasan Bhakti Luhur saat ditemui di Dinas Pendidikan kota Malang, Selasa (13/9).

Program yang dijalankan oleh Yayasan bhakti Luhur adalah Pusat Pengembangan Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat ( PPRBM) untuk memberikan skill pada guru SD kelas I dan II mengidentifikasi jenis-jenis atau ciri-ciri kecacatan yang dimiliki siswa.

“Selain para guru, kami juga bekerjasama dengan pekerja sosial, posyandu dan komunitas lainnya agar semakin banyak masyarakat yang bisa turut berperan serta dalam pengidentifikasian disabilitas anak,” ujar Eni.

Menurut Eni, meskipuan anak-anak itu menderita disabilitas, tapi bukan berarti mereka berbeda atau harus mendapat perlakuan yang berbeda sehingga mereka tidak mendapatkan apa saja yang menjadi hak mereka seperti sekolah (pendidikan), fasilitas dan juga masalah pekerjaan. (Gus/Fir)
sumber:
http://www.andalus911fm.com/index.php/profile/92-malang-raya/877-bhakti-luhur-berikan-pelatihan-guru-mengidentifikasi-siswa-yang-inklusi

Punya Account Facebook?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *