BERITA

Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Luar Biasa SMP Bhakti Luhur ______________ 142

May 21, 2012

Pada anak yang mengalami kesulitan belajar, tujuan pendidikanmempunyai arti yang lebih spesfik utamanya untuk membantu mereka mengatasipersoalan diri yang bersifat psikologis maupun fisiologis agar kelak mereka bisamandiri. Program pembelajaran anak berkesulitan belajar sebisa mungkin diaturdan disesuaikan dengan kebutuhan siswa yang ada. Berdasarkan pemikirantersebut maka judul penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah, ā€¯FaktorfaktorPenyebab Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama LuarBiasa (SMPLB) Bhakti Luhur ______________ā€¯.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan memakaidesain studi kasus. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakanmetode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes Psikologi. Proses analisis datadalam penelitian dimulai dengan kegiatan reduksi data, displai data dankesimpulan. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa(SMPLB) Bhakti Luhur ______________.

Responden terdiri dari satu guru, satu konselor,dua orang tua siswa, dan 5 siswa.Temuan di lapangan menunjukan bahwa yang mempengaruhi kesulitanbelajar siswa meliputi faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern meliputiaspek fisik dan aspek psikologis. Faktor ekstern meliputi aspek sosial yang berupakurangnya perhatian dan dukungan dari lingkungan sekitar terhadap anak, aspekkeluarga, seperti cara didik orangtua, hubungan orang tua dengan anak yang tidaksehat. Aspek sekolah seperti, sarana dan prasarana sekolah, kapabilitas guru,metode penyampaian, dan kurikulum.Peran guru dalam membantu siswa mengatasi kesulitan belajar, denganmemberikan motivasi pencapaian tujuan baik jangka pendek maupun jangkapanjang untuk kesuksesan siswa, memberikan fasilitas pencapaian tujuan melaluipengalaman belajar yang memadai, dan membantu perkembangan aspek pribadiseperti sikap, nilai, dan penyesuaian diri.

Selain itu guru BP juga dituntut untuk berperan aktif dalam membantusiswa mengatasi kesulitan belajar dengan menyusun rancangan programidentifikasi, asesmen, dan pembelajaran anak berkesulitan belajar, berpartis ipasidalam penjaringan, asesmen, dan evaluasi anak berkesulitan belajar,Melaksanakan tes, baik dengan tes formal maupun informal, menyelenggarakanpertemuan da n wawancara dengan orang tua, Bekerjasama dengan guru reguleratau guru kelas untuk memahami anak dan menyediakan pembelajaran yang

sumber: http://karya-ilmiah.com/faktor-faktor-penyebab-kesulitan-belajar-siswa-di-sekolah-luar-biasa-smp-bhakti-luhur-______________-142

Punya Account Facebook?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *