BERITA

Iba, Bukan Solusi..

09 Agustus 2013
Di penghujung pergantian usia, aku berkunjung ke Bhakti Luhur.
Sebenarnya, ini bukan tempat & suasana yang asing buatku.. mengingat Mami dulu pernah selama sekitar 8 tahun(?) menyumbang tenaga disana. Tapi kali ini, aku datang dan melihatnya dari perpektif lain (setelah 14 tahun tidak berkunjung ke tempat ini).
Tempat ini seperti menyimpan bom waktu yang berdetak cepat, mengingat usia Romo Janssen sendiri sudah 91 tahun dan hingga kini belum ada yang sanggup menyamai pemikiran, pengabdian dan kepintaran Beliau. Aku saja saat iseng mikir soal ‘departemen’ batiknya saja sudah sampe sempat blank saking ruwetnya, lha gimana rasanya Romo.. yang tinggal bersama 5000an anak cacat se-nusantara dan entah berapa ribu biaya suster Alma untuk penghidupan, pendidikan, pengobatan dan masa depan, bahkan nyawanya bergantung pada yayasan ini (dan Romo Janssen)? Padahal for your information aja nih, sumbangan dana dari Eropa menurun drastis karena imbas perekonomian Eropa yang tidak kunjung stabil.
Maka sepertinya aku hingga beberapa bulan kedepan akan berkomitmen untuk membantu melalui tulisan, foto dan sosialisasi agar karya luar biasa Romo Janssen bisa diteruskan tidak hanya 1-2 tahun lagi, tapi 50, 60 atau 70 tahun, bahkan lebih.
Yang jelas, sekedar iba bukanlah solusi. Harus ada bukti kongkrit bahwa hati tersentuh & kepala sadar, bahwa ribuan anak ini membutuhkan kalian.
penulis: Acording to Laurentia Dewi (penulis www.laurentiadewi.com)
fotografer: Laurentia Dewi dan Iwan Khoe

2 Responses to Iba, Bukan Solusi..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *