BERITA

Terima Kasih atas artikel Sejarah Berdirinya Yayasan Widya Mandala

terima kasih atas ulasan sejarah Yayasan Widya Mandala di Indonesia pada website dimana Romo Prof. Dr. Paul H Janssen CM sebagai pemilih nama yayasan dan salah satu dari perencana didirikan Yayasan Widya Mandala.
Romo Janssen sendiri adalah pendiri dari Yayasan Bhakti Luhur, ALMA dan Perkasih.

berikut adalah cuplikan artikelnya:

………..

Keberhasilan di Keuskupan Bandung  dan Yogyakarta mendorong Mgr. J. Klooster, CM, Uskup Surabaya untuk juga mendirikan perguruan tinggi di keuskupannya. gagasan tersebut dibicarakan dengan Rm. Prof. Dr. Paul Janssen, CM dan Sr. Dra. Dionysia Michels, OSU, dari Madiun. Atas dukungan Romo Kepala Paroki Madiun, Rm. A.J. Dibjikarjono, Pr., pada tahun 1958, B-1 Ilmu Mendidik yang dikelola oleh Yayasan Yohanes Gabriel dan PGSLP Bahasa Indonesia yang dikelola oleh Suster-suster Ursulin dilebur menjadi Fakultas Ilmu Pendidikan yang merupakan cikal bakal Universitas Katolik Widya Mandala.

Saat bertugas ke Yogyakarta, Rm. Janssens melihat satu papan nama dari sebuah gedung pertemuan sebelah gereja di Kota Baru kata “Widya Mandala”. Menurut Rm. Loef, SJ artinya “tempat para sarjana”. Widya Mandala berasal dari bahasa Jawa kuno, Mandala artinya gedung atau tempat dalam arti tidak hanya fisik dan Widya artinya sarjana. Jadi Widya Mandala dapat diartikan sebagai tempat pendidikan untuk orang bijaksana dan sukses (sarjana). Nama Widya Mandala akhirnya dipakai Rm. Janssens untuk nama IKIP yang didirikannya.

…………..

sumber:

http://www.widyamandala.org/about.php?ID=1&id=18&action=detail&act=view

http://www.widyamandala.org/about.php?ID=1&id=6&action=detail&act=view

Punya Account Facebook?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *