BERITA

TK dan Panti Asuhan Bhakti Luhur Kalibago

SELASA, 27 SEPTEMBER 2011

TK dan Panti Asuhan Bhakti Luhur Kalibago

Kode File : 002/ Pend/ Reni Nurhayati dan Umi Nadhiroh

Hari/ Tanggal : Sabtu/ 16 Juli 2011

Topik : Wawancara tentang pendidikan TK dan Panti Asuhan

Informan : Suster Brigita dan Mbak Ludwina

Lokasi Wawancara : TK dan Panti Asuhan “Bhakti Luhur
Panti Asuhan Bhakti Luhur di Dusun Kalibago Desa Kalipang ini berdiri sejak tahun 1986. Dan diakui oleh pemerintah baru tahun 1998. Panti asuhan ini terletak di Dusun Kalibago, yang disekelilingnya adalah perbukitan dan ladang masyarakat. Penanggung jawab panti asuhan ini adalah suster Brigita N dan didampingi oleh Suster M. Magdalena M., dan dibantu oleh perawat pembantu dari Yayasan. Perawat pembantu ada 5 perawat, 1 perawat sudah angkatan dan 4 perawat lagi masih praktek. Perawat yang berada di panti asuhan adalah: Jumiati M. B., Tenvi T., Ludwina H., Cornelia A. dan Cicilia S. ditambah lagi 2 orang pegawai, yaitu My Yustiana S. dan Theresia K. yang mengajar di TK Bhakti Luhur Dusun Kalibago Desa Kalipang.


Pada hari Selasa para penghuni Panti mempunyai kegiatan kesenian, salah satu kegiatannya adalah membuat origami, yaitu melipat kertas mmenyerupai burung, dalam Bahasa Jepang disebut origami. Setiap anak harus bisa membuat origami yang baik dan benar, jika ada kesalahan maka para perawat akan berteriak lebih keras dan menyuruhnya mengulang membuat origami. Ini ditujukan untuk melatih kemandirian mereka.


Hari Jumat, para penghuni panti mempunyai kegiatan olahraga. Olahraga yang sering dimainkan adalah lempar tangkap bola. Olahraga ini tergolong ringan dan menyenangkan, sehingga membuat seluruh penghuni panti mampu memainkannya. Bukan hanya itu saja, olahraga ini juga diisi dengan lari-lari bagi penghuni yang tidak memakai kursi roda, bisa dikatakan yang mampu untuk berjalan.Sungguh sangat menyentuh dan membuat hati ngilu, mereka yang diberi kekurangan sangat bersemangat menjalani hidup. Tertawa lepas dan seolah-olah hidup yang mereka jalani adalah kehidupan yang paling menyenangkan. Bukan hanya itu, banyak sekali kegiatan yang ditujukan untuk melatih kemandirian. Latihan kemandirian ini dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka. Walaupun kaki dan tangan mereka tidak mampu dibuat bekerja, namun tekad yang dimilikinya melebihi tekad orang-orang yang normal.Para perawat dan suster di panti ini sangat ramah, disiplin dan sayang pada seluruh penghuni panti. Para perawat suster menyayangi anak-anak panti seakan-akan mereka adalah keluarga kandung sendiri. Inilah yang membuat keterikatan batin antar perawat dan anak panti. Semua dijalani bersama, makan, tidur, bermain, belajar dan beribadah bersama. Karena setiap hari selalu bersama-sama maka secara tidak langsung terikat hubungan kekeluargaan yang sangat erat yang tidak dimiliki oleh setiap orang yang sedang berkonflik.Di dalam panti semua diatur secara disiplin, dan kedisiplinan diperlukan tanggung jawab, untuk itu dibuatlah kepengurusan sebagai rasa tanggung jawab terhadap panti asuhan Bhakti Luhur. Berikut adalah susunan kepengurusan di Panti Asuhan Bhakti Luhur, Dusun Kalibago, Desa Kalipang.
Para perawat di Panti Asuhan Bhakti Luhur rata-rata berasal dari luar Jawa (Sulawesi, Nusa Tenggara, Papua). Mereka juga berasal dari yayasan tertentu, yang memperoleh pendidikan juga dari yayasan tersebut. Sehingga mereka mempunyai jiwa social untuk menolong sesama. Dan mengabdikan dirinya ke panti-panti seluruh yayasan, atau bisa dikatakan pulang ke masa lalu kampung halamannya ketika masih berada di yayasan.
sumber:http://renijjang.blogspot.com/2011/09/tk-dan-panti-asuhan-bhakti-luhur.html

Punya Account Facebook?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *